Berselancar untuk Negeri Melalui Blog dan Jejaring Sosial

13 Oct 2011

Ketika para tentara menghabiskan seluruh jiwa, raga, tenaga dan usianya untuk menjaga Indonesia, apa yang sudah kau lakukan untuk negerimu, Nak?

Ketika para pejuang kemerdekaan Indonesia, merelakan dirinya hingga titik darah penghabisan demi terciptanya Republik Indonesia, apa yang sudah kau lakukan untuk negerimu, Nak?pasukan-bambu-runcing2

Dan ketika negeri lain mengambil salah satu pulau Indonesia juga ketika negeri lain dengan begitu bangga serta ingin sekali memiliki seutuhnya warisan leluhur Indonesia. Apa yang kau lakukan untuk negerimu, Nak?

INDONESIA-MALAYSIA-REOG PONOROGO

Diam saja? Pantaskah? Dimana jiwa nasionalisme mu, Nak? Deretan pertanyaan itu memang terasa menyudutkan. Apalagi bagiku yang memang benar adanya, belum bisa memberikan apapun untuk negeri. Ketika maraknya huru-hara di negeri ini, aku hanya bisa menjadi penonton setia di televisi tanpa berpikir sedikitpun untuk beraksi. Kadang pula ketika semangatku ingin sekali membanggakan negeri ini, aku pun menyadari bahwa aku hanyalah rakyat biasa, biarlah pemerintah yang memiliki wewenang penuh untuk mengurusi negeri. Bodoh sekali aku ini, berpikir sempit tanpa naluri.

Dosenku pernah bilang, pemuda-pemudi juga mahasiswa-mahasiswi ialah seorang yang berani berinovasi. Dari perkataan itulah aku pun mulai yakin untuk mencintai negeri, menghargai karya seni, dan selalu berkreasi, dimulai dari yang kecil saja dulu, yaitu dari diriku sendiri. Ya, aku memulainya dengan berpikir cerdas memajukan dan mengenalkan Indonesia keseluruh dunia memalui dunia maya.

Tentu caranya mudah bagi siapa saja yang mau berkarya melalui tulisan. Dengan menulis, merangkai suatu bahasa menjadi jembatan yang dapat dilewati dan di pahami siapa saja. Menyeberangi lautan tanpa kapal feri, melintasi benua tanpa pesawat. Cukup dengan berselancar di dunia internet segalanya terasa mudah dan dekat.

Inilah era globalisasi dan tekhnologi, yang harus dimanfaatkan para pemuda-pamudi sebagai bentuk apresiasi cintanya kepada indonesia. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan ialah blog dan jejaring sosial. Dengan blog kita dapat promosikan apapun yang kita miliki, budaya, pariwisata, makanan khas, bahasa, dan apapun segala aspek yang berpotensi untuk memperkenalkan Indonesia. Dengan jejaring sosial, kita dapat menjaring koneksi dengan siapapun yang kita inginkan. Bill Gates, Barack Obama, pak Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono, bahkan tokoh-tokoh masyarakat dari penjuru dunia manapun, kita dapat menjaring hubungan dengan mereka. Dengan niat yang benar serta usaha yang maksimal tentu kemudahan akan cepat diraih. Berselancar untuk negeri dengan tulisan dan karya seni merupakan salah satu tindakan melestarikan warisan leluhur negeri, bukan begitu teman-teman?

Sebagai pemudi tentu aku mempunyai cara tersendiri untuk mencintai negeri. Ketika Oscar Lawalata mematenkan batik di benua Eropa sebagai wujud anak bangsa yang cinta akan Indonesia. Aku pun mencintai Indonesia di mulai dengan bentuk tulisanku di ajang blogdetik ini. Dan sebagai wujud cintaku pada Indonesia, akan ku patenkan diriku ini bahwa Aku Cinta Indonesia, 100% cinta Indonesialogo

2


TAGS blogdetik cinta Indonesia.


-

Author

Follow Me