Jason Wallace, Penghargaan Pertama Setelah Ditolak Seratus Kali

15 Jan 2011

Jason Wallace namanya. Ia adalah seorang web designer dan penulis buku anak yang novel pertamanya sempat ditolak hingga seratus kali oleh berbagai penerbit. Namun suatu ketika ada satu penerbit yang mau menerima karyanya, yakni penerbit Andersen Press. Kini, karena kegigihannya ia mendapat penghargaan sebagai pemenang Costa Book Award untuk kategori buku anak.

Bahkan di penghargaan pertamanya ini ia berhasil mengalahkan penulis terlaris Jonathan Stroud atas karyanya yang berjudul Out of Shadows. Sebuah kisah tentang Robert Mugabe di awal kemerdekaan Zimbabwe pada 1980-an. Perjuangan kekuasaan antara masyarakat Zimbabwe kulit putih dan hitam di masa itu yang digambarkan melalui mata seorang siswa sekolah dasar.

Wallace dilahirkan di Cheltenham dan hijrah ke Zimbabwe di usia 12 tahun, saat ibunya menikah lagi. Dalam buku tersebut ia menuangkan semua pengalamannya tumbuh di masa setelah kemerdekaan Zimbabwe. Masa-masa inilah yang menginspirasinya untuk membuat novel pertama.

“Ide ini datang dan memungkinkan saya untuk menulis sesuatu yang sangat berarti bagi saya. Dari mulai kesedihan saya melihat apa yang Mugabe lakukan terhadap orang-orang di negeri yang saya cintai saat itu, sampai hal-hal yang saya tulis untuk sekedar mengenang masa remaja saya,” papar Wallace.

Costa Award merupakan salah satu penghargaan sastra paling bergengsi dan populer di Inggris, yang diberikan kepada para penulis Inggris dan Irlandia yang berhasil membuat buku-buku paling menyenangkan tiap tahunnya. Terdapat lima kategori yang diberikan dalam penghargaan ini, diantaranya untuk Novel, Novel Pertama, Biografi, Puisi, dan Buku Anak. Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar 5000 Poundsterling.

So, yuk contoh Wallace untuk terus menulis! [nurjanah/ sumber: www.independent.co.uk]


TAGS sejarah penting milatfacebook jason wallace penhargaan out of shadow


-

Author

Follow Me